Dampak Video Indonesian Idol 2014 di Youtube Terhadap Youtube Viewers

Penelitian ini dibuat dalam bentuk makalah sebagai tugas Psikologi Komunikasi Massa. Riset dilakukan oleh kelompok kami yang beranggotakan Muhammad Adriansyah, Julaina, Ira Yulianti Marbun, Nur Akmal, Aan Setiawan, dan Furqanul Haq. Dalam melakukan penelitian dan penulisan, kami dibantu oleh dosen pembimbing Rizanna Rosemary. Selamat Membaca 🙂

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

 

Youtube bisa diartikan sebagai website populer yang bisa di kalangan mana saja dan dimana saja dan dapat juga menjadi media komunikasi massa bagi masyarakat luas. Kadang orang malas untuk keluar menyaksikan secara lansung, lebih baik mereka hanya duduk diam depan laptop dan membuka situs youtube untuk menyaksikannya, dengan adanya youtube sangatlah mudah bagi semua masyarakat untuk mendapat informasi baik diluar ataupun didalam negeri.

Indonesia Idol adalah salah satu program ajang pencarian bakat yang ditayangkan di RCTI, acara ini terbuka untuk semua masyarakat di Indonesia yang berumur dari 16-24 tahun.setelah mereka mendaftar  di kota-kota misalnya di Medan salah satunya, nanti mereka diuji kemampuannya apakah mereka layak untuk lolos ke babak selanjutnya. Seleksi yang dilakukan sangatlah ketat karena yang menguji mereka adalah orang-orang yang sudah memang mengerti masalah musik, baik itu musik Rock, Pop, Jazz dan yang lainnya.

Dalam mengikuti seleksi Indonesia Idol ini pasti membutuhkan waktu yang sangat lama, agar mendapatkan yang memang sangat berkualitas dalam Musik. Tujuan di buatkan acara Indonesia Idol ini adalah untuk mengembangkan bakat yang dimiliki seseorang, baik yang berada dibawah maupun yang di atas, karena Indonesia Idol ini terbuka untuk semua kalangan.

Kadang orang berpikir mereka mempunyai kemampuan dalam bernyanyi, Cuma tidak mangembangkannya, banyak alasan yang mereka keluarkan, baik masalah biaya dan lainnya, tetapi dengan adanya Indonesia Idol ini mereka bisa melanjutkan dan bisa mengembangkannya apabila benar-benar mempunya kemampuan yang diinginkan oleh semua orang, contohnya misalnya suara dan lain sebagainya.

Perkembangan Indonesia Idol salah satunya semakin maju dan mungkin lebih dipandang oleh dunia bahwa program Indonesia Idol bisa menjadi sebuah inspirasi bagi orang-orang yang memang suka bernyanyi, dan juga bisa menaikkan harkat dan martabat seseorang, misalnya dia dulu hanya seorang pengamen jalanan, tanpa disangka dengan kemampuan yang dia miliki dalam bernyanyi bisa menjadi yang No 1 di Indonesia Idol seperti pemenang yang bernama Aries.

Memang banyak orang yang terinspirasi untuk mengikuti ajang pencarian bakat ini, mereka ingin memperlihatkan kemampuan mareka dalam bernyanyi, dari belasan ribu yang mengikuti acara ini mungkin hanya 13 orang yang bisa masuk ke babak spektakuler, dan mereka saling memperebutkan untuk menjadi yang pertama dan yang terbaik.

Sampel Jumlah Viewers Indonesian Idol 2014 di Youtube

Sampel Jumlah Viewers Indonesian Idol 2014 di Youtube

Pengaruh positif terhadap adanya Indonesia Idol salah satunya dapat mengembangkan bakat seseorang dalam bernyanyi, dapat dikenal oleh banyak orang,dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan pengaruh negatifnya bagi remaja yang masih berumur 16-17 mareka itu rela meninggalkan Sekolahnya hanya untuk mengikuti Indonesia Idol ini, yang sudah berkeluarga rela meninggalkan keluarganya juga. Mungkin banyak orang berpikir dengan ikut indonesia idol ini mareka akan memperoleh semua yang diinginkan kedepannya.

Perkembangan teknologi dan komunikasi belakangan initelah mengubah gaya dan pola hidup masyarakat. Salah satu pekembangan yang paling menglobal adalah internet. Di bidang ilmu komunikasi, internet berhasil menghubungkan setiap orang di dunia dan memberikan informasi baik berupa Ilmu pengetahuan, berita ataupun hiburan.

Salah satu media Komunikasi Internet yang kerap diakses oleh banyak orang saat ini adalah situs Youtube.com. Youtube sendiri merupakan situs video yang menyediakan berbagai informasi dan hiburan dalam bentuk “ gambar yang bergerak “ dan berhasil menjangkau setiap sudut masyarakat di dunia.

Video-video Indonesia Idol yang di sebarkan di youtube juga dapat membantu masyarakat untuk mengaksesnya apabila masyarakat tidak bisa nonton lansung di tv saat disiarkan secara langsung. Bagi Viewers yang sering mengakses jaringan situs youtube mereka tidak pernah ketinggalan info tentang personil favorit mereka.bukan hanya di Indonesia saja seluruh dunia pun dapat melihat penampilan favorit mereka melalui situs Youtube ini.

  1. Rumusan Masalah

 

  • Apa dampak kognitif bagi penggunaan Youtube di kalangan masyarakat?
  • Dampak afektif apa yang muncul dari pengaksesan situs video Youtube?
  • Mengapa youtube dapat mengubah atau mempengaruhi psikomotorik seseorang?
  1. Tujuan penelitian

 

Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu tugas mata kuliah “Psikologi Komunikasi Massa” dan bahan pembelajaran bagi kami. Serta meneliti dampak program acar indonesian idol 2014 di youtube terhadap youtube viewers.

  1. Manfaat penelitian

 

  • Dapat dijadikan bahan bacaan baik bagi pengajar maupun mahasiswa.
  • Dapat menjadi penelitian awal yang dapat dikembangkan ataupun mendalami dan menghimpun penelitian awal yang telah ada.

 

BAB 2

PEMBAHASAN

  1. Pengertian dan Penjelasan

Komunikasi massa adalah komunikasi yang disebarkan oleh suatu organisasi massa kepada khalayak ramai. Komunikasi ini berupaya menyebarluaskan pesan-pesan yang akan memengaruhi dan mencerminkan kebudayaan suatu masyarakat, lalu informasi ini akan mereka hadirkan serentak pada khalayak luas yang beragam. Hal ini membuat media menjadi bagian dari salah satu institusi yang kuat di masyarakat.

Kemampuannya untuk menjangkau ribuan bahkan jutaan umat manusia di muka bumi ini merupakan salah satu ciri umum dari komunikasi massa, yang salah satunya dilakukan melalui medium Youtube.

Walaupun kemunculannya baru 5 tahun, media massa Youtube telah menjadi salah satu situs web paling popular di dunia. Data yang diterbitkan oleh Alexa Page Rank menyebutkan bahwa Youtube berada di peringkat ketiga sebagai situs yang paling banyak diakses di seluruh dunia.

Salah satu channel Youtube yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia adalah channel Youtube Indonesian Idol 2014. Tujuan pihak penyelenggara menggunakan Youtube sebagai media untuk menggunggah video Indonesian Idol 2014 jelas berkaitan dengan mudahnya diakses serta kemampuan Youtube untuk menyampaikan pesan yang bisa dikatakan sangat efektif.

Charles R. Wright didalam buku Wiryanto menyebutkan, bahwa secara umum fungsi dari komunikasi massa terbagi atas empat fungsi, yaitu: Surveillance (Menyebarkan informasi), Correlation (Interpretasi pesan tertentu), Transmission (Informasi nilai sosial-budaya) dan Entertainment (Hiburan). (Wiryanto, 2000 : 11-12)

Dari keempat fungsi umum komunikasi massa diatas, maka dapat disimpulkan bahwa channel Youtube Indonesian Idol 2014 berfungsi sebagai media yang bersifat entertainment atau hiburan.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa video Youtube Indonesian Idol 2014 memiliki fungsi komunikasi massa yang lain, tergantung kepada interpretasi dan persepsi dari si pengakses/viewers. Sehingga, hal ini dapat menjadi tolak ukur terhadap efektifitas komunikasi massa yang berupaya diterapkan oleh situs Youtube Indonesian Idol 2014.

Efektifitas suatu komunikasi ditandai dengan timbulnya dampak kognitif, afektif, serta psikomotorikterhadap komunikan.

Berkenaan dengan hal diatas, Youtube sebagai salah satu bentuk komunikasi massa memiliki dampak yang besar terhadap komunikan. Termasuk berupaya memberikan ketiga dampak tersebut kepada komunikan ataupun pengakses.

Situs Youtube Indonesian Idol 2014 bermaksud menimbulkan ketiga dampak tersebut kepada para penontonnya. Penjelasan  mengenai dampak ini akan dijelaskan pada sub-bab selanjutnya.

  1. Uraian Dampak Video Indonesian Idol 2014 di Youtube Terhadap Viewers

 

2.1 Dampak Kognitif

Media massa tidak memberikan efek kognitif semata, namun ia memberikan manfaat yang dikehendaki masyarakat. Inilah efek prososial. Bila televisi menyebabkan kita lebih mengerti bahasa Indonesia yang baik dan benar, televisi telah menimbulkan efek prososial kognitif. Bila majalah menyajikan penderitaan rakyat miskin di pedesaan, dan hati kita tergerak untuk menolong mereka, media massa telah menghasilkan efek prososial afektif. Bila surat kabar membuka dompet bencana alam, menghimbau kita untuk menyumbang, lalu kita mengirimkan wesel pos (atau, sekarang dengan cara transfer via rekening bank) ke surat kabar, maka terjadilah efek prososial behavioral. Jadi Youtube dapat membantu kita untuk mengakses berita-berita dan video yang kita inginkan.

Youtube sebagai media massa mempunyai kelebihan menyampaikan informasi kepada pengguna melalui video. Dalam hal ini, video Indonesian Idol 2014 bertujuan untuk membuat pengguna mengetahui lebih jauh tentang peserta Indonesian Idol 2014.

Selain itu, setiap penampilan yang disiarkan secara langsung oleh peserta kini dapat dengan mudah  ditemui di situs Youtube dengan format siaran ulang. Dengan demikian, setiap pengguna dapat mengetahui seluruh penampilan dari idolanya tanpa harus menonton secara langsung.

Indonesian Idol 2014 sebagai kompetisi menyanyi, memiliki peran penting dalam memberikan informasi serta wawasan tentang blantika permusikan kepada para pengguna. Karena Indonesia Idol 2014 tidak hanya berupaya memberikan hiburan kepada para pengakses, tetapi juga berupaya menghadirkan serta menghidupkan kembali pengetahuan mengenai permusikan dunia kepada Indonesia.

2.2  Dampak Afektif

Tujuan dari komunikasi massa bukan hanya sekedar memberitahu kepada khalayak agar menjadi tahu tentang sesuatu, tetapi lebih dari itu, setelah mengetahui informasi yang diterimanya, khalayak diharapkan dapat merasakannya.

Dampak Afektif adalah dampak yang berkaitan dengan perasaan dari komunikan. Artinya, video Indonesian Idol 2014 berupaya mempengaruhi pengguna ataupun penonton untuk menyukai setiap penampilan dari peserta dari setiap video yang ditayangkan.

Kehadiran sang idola di situs Youtube Indonesian Idol 2014 juga mempengaruhi antusiasme para penonton.

Lebih dari itu, setelah terbiasa menonton tayangan Indonesian Idol di Youtube, para pengakses biasanya akan merasa tidak nyaman apabila tidak menonton idolanya di channel Youtube Indonesia Idol 2014.

2.3  Dampak Psikomotorik

Dampak psikomotorik ataupun perilaku cenderung timbul setelah pengakses/komunikan telah mendapatkan informasi sekaligus rasa ketertarikan dari setiap video yang diunggah oleh channel Indonesian Idol 2014.

Mengirimkan dukungan berupa SMS dan selalu menantikan video sang idola diunggah merupakan salah satu dampak behavior yang kerap terjadi kepada para penonton.

Selain itu, kolom komentar yang disediakan oleh situs Youtube juga memicu masyarakat untuk berkomentar mengenai penampilan setiap peserta.

Wawasan musik yang ditularkan oleh video Indonesian Idol 2014 juga membuat pengakses jadi lebih gemar dalam mendengarkan musik.

  1. Metodologi Penelitian Dampak Video Indonesian Idol 2014 di Youtube

3.1  Dasar metodologi penelitian dampak video Indonesian Idol 2014 di youtube

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hal ini disebabkan kedua metode tersebut saling berdekatan dan berkaitan satu sama lain.

3.2  Sumber data penelitian

 

Penelitian ini memiliki dua sumber data, yaitu:

  • Informan, yaitu orang yang dapat kami mintai pernyataan dan memberikan gambaran mengenai hasil penelitian ini.
  • Kepustakaan, yaitu literatur atau hasil penelitian yang signifikan.

Adapunmetodologi penelitian yangdapat kami simpulkan adalah dengan cara melakukan survey terhadap responden. Dimana para responden memberikan tanda persetujuan ataupun ketidak setujuan melalui kolom contreng yang telah disediakan.

Survey tertutup ini kami bagikan kepada para kuisioner atau responden yang sebagian besar berlatar belakang mahasiswa.

Hobi dan umur dari responden juga kami jadikan tolak ukur dalam mendalami hasil survey yang telah kami lakukan

Pada lembar halaman selanjutnya akan kami lampirkan tabulasi data persentase keseluruhan hasil survey tertutup dampak video youtube Indonesian Idol 2014 terhadap Youtube viewers.

3.3  Tabulasi Persentase Data dan Deskripsi Hasil Survei

Tabulasi Persentase Data

Tabulasi Persentase Data

Keterangan :    K  = Kognitif                                                                                 *Total Jumlah Responden Sebanyak 34 Orang                                                                     A  = Afektif                                                                                                                                                                                                                                                       P   = Psikomotorik

Dari semua responden yang sebagian besar memiliki hobi menyanyi dan menonton ini, dapat diketahui bahwa hampir seluruh responden rata-rata memilih menjawab setuju terhadap penyataan yang disampaikan.

Hal ini membuktikan bahwa video Indonesian Idol 2014 berdampak secara efektif dalam hal kognitif, afektif, maupun behavior.

Selain dikarenakan memiliki hobi menyanyi dan bermusik, latar belakang sebagian responden sebagai mahasiswa juga ditenggarai menjadi salah satu faktor penentu mereka kebanyakan memilih setuju terhadap pernyataan yang telah kami sediakan.

Namun jika hasil survey ini diperdalam, maka dapat diambil beberapa data mengenai ketertarikan responden secara kognitif, afektif serta psikomotorik.Sebagian besar responden (49%, 34%) menjawab setuju dalam menjawab aspek yang berhubungan dengan dampak kognitif dan afektif, namun 28 % atau sebagian besar memilih tidak setuju dalam mengisi aspek yang berhubungan dengan dampak psikomotorik atau behavior.

Hampir semua responden yang kami teliti berlatar belakang sebagai mahasiswa/i. Latar belakang tersebut dapat dikaitkan dengan sedikitnya dampak psikomotorik yang terjadi setelah menonton tayangan Indonesian Idol 2014 di Youtube.

Hal diatas disebabkan karena ketidakmampuan responden dalam mengaplikasikan dampak psikomotorik dari video tersebut. Contoh : Kondisi keuangan mahasiswa yang masih meminta kepada orang tua memicu mereka untuk tidak dapat memvoting idola mereka di Indonesian Idol 2014.

Namun dampak psikomotorik yang terjadi tidak selalu mengandalkan aspek komersil yang ditawarkan oleh channel Youtube Indonesian Idol 2014. Tetapi juga dapat membuat masyarakat pengakses situs Youtube agar lebih tertarik terhadap segala bentuk permusikan.

Artinya, secara keseluruhan situs Youtube Indonesian Idol 2014 telah berhasil memberikan dampak psikologis secara signifikan kepada para pengakses. Penjelasan mengenai bagaimana dampak psikologis ini dapat terjadi akan disampaikan pada sub-bab “Analisis Menggunakan Teori Jarum Suntik”. Sebelumnya akan kami tampilkan persentase dampak kognitif, afektif serta Psikomotorik hasil survey video Youtube Indonesian Idol 2014 pada halaman selanjutnya.

 1

2

3

  1. Analisis Penelitian Menggunakan Teori Jarum Suntik

 

images

Teori yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah teori jarum suntik. Dalam hal ini Youtube berperan sebagai jarum suntik yang “menyuntikkan” video Indonesian Idol 2014 kepada pengguna ataupun pengakses Youtube. Pihak RCTI atau penyelenggara Indonesian Idol 2014 berperan sebagai “penyuntik” yang berupaya menyuntikkan informasi kepada pengakses melalui “jarum suntik” bernama Youtube.

Setelah melakukan penyuntikan ke situs Youtube maka dapat diterima oleh penggunanya ( viewersnya ) di situs youtube, mereka dapat mengakses video idola mereka masing-masing. Bagi para viewers yang tertunda menonton para idolanya di minggu sebelumnya bisa mengaksesnya melalui situs Youtube, dan mereka tidak akan pernah ketinggalan informasi terhadap idolanya masing-masing.

Model jarum suntik pada dasarnya adalah aliran satu tahap (one step flow), yaitu media massa langsung kepada khalayak sebagai mass audiance. Model ini mengasumsikan media massa secara langsung, cepat, dan mempunyai efek yang amat kuat atas mass audiance. Media massa ini sepadan dengan teori Stimulus-Response (S-R) yang mekanistis dan sering digunakan pada penelitian psikologi antara tahun 1930 dan 1940. Teori S-R mengajarkan, setiap stimulus akan menghasilkan respons secara spontan dan otomatis seperti gerak refleks. Seperti bila tangan kita terkena percikan api (S) maka secara spontan, otomatis dan reflektif kita akan menyentakkan tangan kita (R) sebagai tanggapan yang berupa gerakkan menghindar. Tanggapan di dalam contoh tersebut sangat mekanistis dan otomatis, tanpa menunggu perintah dari otak.

Artinya, teori ini mencoba menjelaskan bagaimana persuasi yang datang dari media memegang peran penting dalam, mengubah cara manusia berpikir, bertindak, maupun berperilaku

Melalui jarum suntik ini dapat kita artikan dan kaitkan dengan hasil penelitian kami, bahwa dengan teori ini video Indonesian Idol yang diunggah ke situs Youtube menimbulkan efek yang sangat kuat, langsung, terarah, dan dengan segera informasi tersebut sampai kepada viewersnya.

Akibatnya, para viewers akan langsung dapat merasakan dampak baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

BAB 3

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Indonesia Idol adalah salah satu program ajang pencarian bakat yang ditayangkan di RCTI, acara ini terbuka untuk semua masyarakat di Indonesia yang berumur dari 16-24 tahun.

Sedangkan Youtube bisa diartikan sebagai Website populer yang bisa di kalangan mana saja dan dimana saja dan dapat juga menjadi media komunikasi massa bagi masyarakat luas.

Selama kami melaksanakan kegiatan pendataan di lokasi penelitian, dari 34 responden yang diteliti, terdapat beberapa poin kesimpulan yang dapat kami ambil. Kesimpulan yang kami paparkan ini adalah intisari secara garis besar dan kami jelaskan melalui poin-poin tertentu.

  • Komunikasi massa memiliki dampak yang besar terhadap komunikan. Dampak yang dimaksud antara lain adalah dampak secara kognitif, afektif, serta psikomotorik.
  • hampir seluruh responden rata-rata memilih menjawab setuju terhadap penyataan yang disampaikan.
  • Sebagian besar responden (49%, 34%) menjawab setuju dalam menjawab aspek yang berhubungan dengan dampak kognitif dan afektif.
  • 28 % atau sebagian besar responden memilih tidak setuju dalam mengisi aspek yang berhubungan dengan dampak psikomotorik atau behavior.
  • Penelitian ini membuktikan bahwa video Indonesian Idol 2014 berdampak secara efektif dalam hal kognitif, afektif, maupun behavior.
  • Video Indonesian Idol yang diunggah ke situs Youtube menimbulkan efek yang sangat kuat, langsung, terarah, dan dengan segera informasi tersebut sampai kepada viewersnya.
  1. Rekomendasi

Disebabkan waktu penulisan dan penelitian yang lumayan sempit, maka hasil penelitian ini bisa dianggap kurang mendalam. Semoga kedepan ada penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan memperbaiki kekurangan ini.

Semoga hasil penelitian mengenai dampak video Indonesian Idol 2014 di Youtube terhadap viewers ini dapat dijadikan bahan ajar sekaligus tolak ukur dalam memahami disiplin ilmu komunikasi umumnya dan psikologi komunikasi massa khususnya terhadap para pembaca, baik pengajar ataupun mahasiswa.

Selain itu, masyarakat disarankan agar lebih menyaring setiap video yang disampaikan oleh Youtube. Dalam hal ini, perhatian masyarakat diperlukan dalam pengembangan situs Youtube itu sendiri, namun masyarakat harus mampu memilah setiap aspek yang disampaikan oleh Youtube sehingga dapat berdampak baik secara psikologis bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Indonesian Idol 2014 sebagai program acara yang menampilkan hiburan berupa musik, diharapkan dapat memberikan dampak positif berupa motivasi kepada pengakses agar mampu berkarya dan juga member pengetahuan yang lebih luas mengenai blantika permusikan Indonesia umumnya, dan dunia khususnya.“Because giving is the best communication”.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.youtube.com/user/IndonesianIdol2012

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

http://id.wikipedia.org/wiki/9_Teori_Dampak_Media

http://id.wikipedia.org/wiki/Metodologi_penelitian

http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_massa

http://www.anneahira.com/pengertian-kognitif-afektif-psikomotorik.htm

Leave a comment